Jumat, 23 April 2010

Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia

Pertumbuhan dan perkembangan manusia dapat dibedakan menjadi 2 yaitu masa pembuahan sampai lahir dan masa setelah lahir. Ketika masa setelah lahir, manusia mengalami tahap-tahap perkembangan yaitu masa anak-anak, remaja dewasa, dan manula.

1. Masa pembuahan sampai lahir
Kehamilan didahului dengan pembuahan yang terjadi karena bertemunya ovum dengan sperma dan menghasilkan zigot. Setelah 4-6 hari sesudah pembuahan, zigot akan membentuk embrio. Embrio akan melekat di dinding rahim dan terus tumbuh di dalamnya. Pada usia 4 minggu, panjang embrio sekitar 6-7 mm dan organ tubuh yang penting sudah mulai terbentuk. Pada bulan kedua, jatung telah sempurna. Pada bulan ketiga, embrio disebut janin (fetus). Pada usia ini semua organ sudah terbentuk, memiliki panjang 5-8 cm, dan mempunyai berat 10-45 gram. Pada bulan kelima, panjang janin sekitar 15-19 cn dan berat 250-450 gram. Biasanya bayi akan segera lahir setelah usia kandungan 266 hari atau 38 minggu. Dengan berat mencapai3-3,5 kg dan panjang kira-kira 50 cm.2. Masa setelah lahir
Begitu lahir, bayi akan segera bernapas dan paru-parunya mulai berfungsi. Setelah lahir, manusia akan mengalami tahap-tahap perkembangan mulai dari masa anak-anak, remaja, dewasa, hingga manula. Pertumbuhan cepat pada laki-laki biasanya terjadi pada usia 18 tahun dan akan terhenti ketika berusia 22 tahun. Sedangkan perempuan, pertumbuhan cepatnya biasa terjadi ketika berumur 12 tahun dan akan terhenti ketika berusia 18 tahun. Pertumbuhan bayi hingga dewasa dipengaruhi oleh makanan yang mengandung protein tinggi (ikan, daging, telur, susu, keju, tahu, tempe, dan kacang-kacangan lainnya), hormon (hormon tumbuh dan hormon kelenjar gondok [tiroksin]), dan faktor keturunan dari orang tuanya.
Masa Anak-anak
:
Masa anak-anak
dimulai sejak lahir sampai masa pubertas. Beginilah perkembangan anak-anak. Di usia 6 bulan , gigi bayi mulai akan tumbuh, dan gigi itu bernana gigi susu. Setelah sekitar berumur 6 tahun, gigi susunya akan mulai tanggal dan akan digantikan dengan gigi tetap. sedangkan untuk perkembangannya bberjalan, biasanya bayi mulai berjalan sejak umur 1 tahun. Dan pada usia sekitar 3 tahun, mereka akan mulai berbicara kalimat pendek, menggambar, membaca, menulis, dan berteman.

Masa Pubertas (Masa Pubertas)
Masa ini adalah masa dimana manusia mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan untuk menjadi dewasa. Masa pubertas adkan dibahas lebih tuntas di blog ini.


Dewasa:
Secara biologi, makhluk hidup disebut dewasa bila telah menghasilkan sel-sel kelamin. Pada laki-laki, ditandai dengan testis (buah zakar) yang sudah mampu menghasilkan sperma. Sedangkan pada perempuan, ditandai dengan kemampuan ovarium (indung telur) menghasilkan sel telur. Pada masa dewasa, tubuh seseorang tidak mengalami pertumbuhan tinggi lagi, melainkan hanya pertumbuhan berat saja.


Manula:
Pada usia ini, biasanya organ-organ manusia sudah mulai melemah atau berkurang kemampuannya. Pada manula, biasanya rambutnya mulai memutih (beruban), gigi mulai tanggal dan tidak tumbuh kembali, dan kulitnya sudah keriput. Dan biasanya penglihatan dan pendengarannya sudah mulai berkurang. Begitu pula dengan aktivitas organ reproduksi. Pada permpuan, ovariumnya sudah tidak menghasilkan telur lagi dan sudah tidak mengalami menstruasi lagi. Masa ini disebut menopause. Sedangkan untuk laki-laki, proses pembentukan sperma masih tetap terjadi, tetapi mulai menurun. Tetapi keadaan fisik seseorang tergantung dari bagaiman orang itu menjaga memelihara kesehatan dirinya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar