Kamis, 15 April 2010

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup merupakan hasil interaksi antara faktor internal dan faktor ekstrnal. Berikut adalah faktor-faktornya. Silakan dibaca!

Faktor internal meliputi:
1. Genetik
Gen adalah faktor pembawa sifat menurun yang terdapat di dalam sel makhluk hidup. Gen berpengaruh pada setiap struktur makhluk hidup dan juga perkembangannya, yang berarti sifat-sifat yang tampak (sifat fenotip) pada makhluk hidup dipengaruhi oleh gen yang dimilikinya dan sifat-sifat yang tidak tampak (sifat genotip).
<-- Kemiripan wajah antara ayah dan anak.

2. Hormon (Zat Tumbuh)
Hormon dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang tidak memiliki saluran. hormon diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah. Hormon mempengaruhi reproduksi, metabolisme, serta pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dan sebagian hewan. Pada manusia, hormon pertumbuhan mempengaruhi kecepatan tumbuh seseorang. Ada orang-orang yang mengalami kelebihan Growth Hormone (GH) sehingga mengalami pertumbuhan luar biasa atau gigantisme. Dan ada juga orang yang mengalami kekurangan GH, sehingga tumbuh dengan lambat, yang disebut juga kretinisme. Di manusia, terdapat hormon lain juga yaitu hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid, androgen pada laki-laki, dan estrogen pada perempuan. Selain manusia, tumbuhan juga mempunyai hormon yang telah diketahui antara lain auksin, giberelin, dan sitokinin. Auksin berperan merangsang pembentukan bunga dan buah, mengembangkan sel-sel tumbuhan sehingga sel menjadi panjang, dan menggiatkan kambium untuk membentuk sel-sel baru. Sedangkan giberelin mempercepat pertumbuhan, menyebabkan tumbuhan menjadi lebih tinggi dan normal.
ORANG BERBAJU PUTIH
MENGALAMI GIGANTISME

Faktor-faktor eksternal meliputi:
1. Nutrisi (makanan)
Nutrisi berfungsi sebagai bahan pembangun tubuh makhluk hidup. Nutrisi bagi sebagian hewan dan manusia dapat berupa protein, karbohidrat, vitamin, lemak, dan mineral. Sedangkan untuk tumbuhan, khususnya tumbuhan hijau adalah air, dan zat-zat hara yang terlarut di dalamnya. Kedua hal ini adalah bahan baku bagi tumbuhan hijau akan diubah menjadi zat makanan melalui proses fotosintesis. Kalian juga bisa memberikan tambahan unsur-unsur hara dangan cara memberikan pupuk untuk tanaman kalian.

2. Lingkungan
Lingkungan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan, terutama untuk tumbuhan. Faktor lingkungan meliputi suhu udara, cahaya, dan kelembapan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar